Jumat, 13 Januari 2012

Membuat Tekstur Kain Pada 3D max


step satoe: Pada viewport perspective, buat sebuah objek kotak, caranya: pilih create>geometry>box. atur property kotak sehingga mempunyai segmen yang cukup (beri nilai 10 untuk hwigh segs, weidth segs, dan length segs.
Lari ke viewport front, buat sebuah objek plane, create>geometry>plane dan tarik hingga berada di atas objek box.



step dua: Seleksi objek plane, lari ke modifier, klik kanan pada plane lalu pilih NURBS. pada property NURBS, klik pada tab survace aprroximation, lalu pilih advanced parameter. maka akan keluar jendela baru pada layar 3ds max, conteng pada delauney lalu klik OK.



step tiga: Perkecil nilai pada kolom Edge di surface aprroximation sebesar 2. langkah ini untuk membuat objek plane memiliki segmen yang cukup untuk dijadikan sebuah objek kain.



step empat: masih dengan menyeleksi objek plane, klik pada kolom modifier list lalu pilih Cloth. Pada property cloth, klik Object Property untuk membuka jendela baru. pada jendela baru, pilih Add Object. pilih objek box untuk ditambahkan pada jendela baru tersebut.



step lima: Buat sedikit pengaturan di jendela baru tersebut, pilih box lalu centang pada Collision Object, dan pilih Plane lalu centang pada cloth. langkah ini membuat objek plane menjadi kain, dan objek box menjadi objek collision tempat kain akan berinteraksi. untuk jenis kain, ini optional. dalam hal ini saya menggunakan Cotton.



step enam: Kain udah jadi, sekarang tinggal disimulasikan. klik tombol simulate local untuk menguji kain buatan anda. apabila anda ingin agar pergerakan simulasinya direkam di keyframe, tinggal klik simulate.


maka hasil akhirnya!





mudah-mudahan bermanfaat!

1 komentar: